Landingpage, mungkin bagi banyak orang tidak terlalu familiar Apa Itu Landingpage. Tapi untuk orang yang sudah punya pengalaman dalam dunia digital marketing, pasti paham banget apa itu landing page dan manfaatnya!
Untuk membantu kamu yang baru terjun ke dunia digital marketing. ITbro akan membahas sedikit tentang apa itu landingpage, mulai dari pengertianya, manfaat dan juga fungsinya.
Artikel diharapkan dapat melengkapi informasi yang ITbro bagikan sebelumnya, yaitu tentang Apa Itu Domain Dan Hosting, Apa Manfaatnya dan Fungsinya, 10 Manfaat Memiliki Website Untuk Mengembangkan Bisnis! Dan Apa Itu WordPress? Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya!. Karena memang artikelnya saling tersambung satu sama lain.
Daftar Isi
Apa Itu Landingpage
Jadi, Apa Itu Landingpage? landing page adalah halaman website yang difungsikan sebagai media penyampaian informasi tentang pengenalan dari brand/produk. Didalam Landingpage, biasanya akan ditemui beberapa tombol(button) Call To Action atau CTA yang akan mengarahkan pengunjung untuk membeli sesuatu, atau bergabung dengan komunitas tertentu.
Berbeda dengan Homepage, atau Beranda sebuah website. Mungkin kamu akan menemukan banyak sekali produk yang ditampilkan dan tentu memiliki banyak sekali tombo CTA. Sedangkan landinpage hanya menampilkan informasi untuk satu produk.
Pengertian Landingpage
Kalau kita membaca ulang tentang Apa Itu Landingpage, mungkin kita sudah tahu sedikit tentang pengertian landingpage itu, apa. Jadi pengertian landingpage singkatnya adalah, sebuah halaman yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk secara khusus.
Jadi, misalnya kalau kamu ingin menjual produk Kaos Distro. Untuk mempromosikanya, kamu bisa menggunakan sosial media. Tapi untuk media pemesanannya, kamu menggunakan landingpage. Dimana user bisa langsung memesan Kaos Distro, tanpa harus terganggu oleh produk lainnya, karena landingpage dibuat khusus untuk satu produk.
Contohnya lagi, jika kamu memiliki banyak produk dan jasa yang dijual. Tapi kamu merasa bahwa ada salah satu produk yang sangat lesu penjualanya. Kamu bisa membuat promo dan diskon untuk produk tersebut dan menggunakan landingpage sebagai media promosinya. Sampai sini, mungkin pengertian Landingpage sudah bisa dipahami.
Apa Saja Manfaat Dari Landing Page?
Nah, sekarang kira-kira manfaat dari Landingpage itu, apa saja sih? Ternyata banyak banget loh! Nggak Cuma bisa digunakan sebagai media promosi. Landingpage juga bisa digunakan untuk banyak tujuan lainnya.
Kalau kamu penasaran tentang apa saja manfaat dari landingpage, berikut dibawah ini sudah ITBro ringkas untuk manfaat dari Landingpage.
Bisa Meningkatkan Traffic Website
Untuk manfaat dari landingpage yang pertama ini, sebenarnya tidak terlalu bisa dijaminkan. Karena traffic website itu bukan bergantung dari landingpagenya. Tapi bergantung dari bagaimana kita membangun jejaring website kita.
Jadi, manfaat landingapage yang satu ini, saya munculkan diawal karena banyak sekali orang terkecoh dengan omongan, kalau membuat landingpage bisa meningkatkan traffic website.
Kalau tujuan kamu membuat landingpage, untuk meningkatkan traffic website itu salah besar yah. Karena untuk meningkatkan traffic website, kamu harus menyiapkan banyak cara dan juga modal. Salah satunya, adalah melalui Jasa Iklan Google Ads Dan Facebook Ads.
Bisa Meningkatkan Conversion Rate
Kalau manfaat yang kedua ini, mungkin masih bisa dimungkinkan untuk terjadi. Dan itu juga bergantung dari bagaimana kamu mengatur landingpage yang kamu buat.
Nggak Cuma itu sih, karena masih banyak faktor lainnya yang bisa meningkatkan converstion rate, seperti produk yang dijual, harga yang ditawarkan dan juga detail informasi pemilik usaha. Kalau kamu bingung untuk mengatur semuanya agar bisa landingpage bisa meningkatkan converstion rate. Kamu bisa menghubungi Team ITBro untuk mendapatkan layanan jasa pembuatan landingpage.
Bisa Digunakan Untuk Mendapatkan Data Lead Pengunjung
Manfaat yang ketiga yang jelas banget akan kamu dapatkan ketika membuat landingpage adalah, mendapatkan data lead pengunjung.
Data-data yang bisa kamu dapatkan dari pengunjung yang mengunjungi landingapge kamu, adalah nama, alamat email, nomor telepon dan informasi tentang pengunjung lainnya.
Tapi, itu juga dengan syarat kamu harus menyediakan form yang bisa diisi oleh pengunjung. Jadi bukan hanya orang mengunjungi landingpage dan kamu langsung bisa mendapatkan data leadsnya yah.
Media Promosi
Manfaat yang terakhir dari Landingapage, mungkin adalah sebagai media promosi. Kenapa saya letakan paling akhir? Karena manfaat dari landingpage ini, sebenarnya sudah jelas terlihat.
Dari tujuan awalnya saja kita membuat landingpage untuk membuat halaman promosi yang bisa dikunjungi dan dibeli oleh banyak orang bukan? Jadi, Landingpage sebagai media promosi, mungkin bukan sebuah manfaat tapi memang tujuanya.
Pentinganya Memiliki Landingpage Yang Responsive!
Nah dari pembahasan yang sudah ITbro sampaikan diatas. kamu sudah mulai mengerti tentang apa itu landingpage, pengertian dan manfaatnya kan? Sekarang ITbro mau bertanya deh, Mengapa penting untuk memiliki landing page yang responsif? Bingung dan penasaran jawabanya apa? Yuk langsung kita bahas dibawah!
Jadi, Design landingpage yang responsive, sangat penting loh! Karena dengan landingpage yang responsive, akan banyak mendatangkan keuntungan. Seperti meningkatkan kualitas user experience, meningkatkan peringkat SEO dan juga mampu meningkatkan konversi.
Ada lagi keuntunganya? Ada dong! Dengan design landingpage yang responsive, branding bisnis yang sedang kamu bangun akan lebih mudah tersampaikan dan mudah dipahami oleh pengguna.
Tips Membuat Landingpage Responsive!
Responsive itu apa sih? Jadi responsive itu adalah Dimana sebuah tampilan website dapat menyesuaikan tata letak, ukuran, dan konten saat diakses menggunakan ukuran layar tertentu.
Jadi misalnya, kalau kamu mengakses melalui komputer, laptop dan device komputer lainnya akan berbeda jika diakses menggunakan smartphone. Lalu, tipsnya seperti apa untuk bisa membuat landingpage yang responsive? ITbro sudah merangkumnya dibawah ini, khusus untuk kamu.
Jangan Masukan Semua Element di Smartphone
Perhatikan bahwa, untuk setiap konten yang ada ditampilan PC itu tidak semuanya harus ditampilkan di versi mobile. Kamu bisa memilih dan menyortir element-element penting dan kira-kira konten apa saja yang akan tampil di versi mobile.
Jangan Paksa Harus Sama Urutanya!
Selalu sesuaikan informasi yang dibutuhkankan pengunjung. Bukan menampilkan apa yang kita ingikan ke pengunjung.
Jadi, seperti misalnya kalau kamu merasa bahwa pada tampilan PC ada gambar produk atau produk yang menarik, kamu harus bisa memposisikan sebagai pengunjung, apakah untuk versi mobilenya juga sesuai dan menarik. Kalau dirasa tidak, maka kamu bisa melewatkanya saja dan mengganti untuk menampilkan informasi yang lebih menarik.
Jangan Masukan Banyak Element!
Responsive, seperti yang ITbro sampaikan sebelumnya adalah menyesuaikan dengan tampilan layar yang digunakan oleh pengguna. Mungkin jika pengguna menggunakan PC atau laptop semua element bisa masuk dan tersampaikan dengan baik.
Tapi, jika pengguna menggunakan smartphone, elemen yang terlalu banyak akan membuat pengunjung tidak nyaman dan tidak mendapatkan informasi yang ingin kamu sampaikan. Jadi, untuk membuat sebuah landingpage yang responsive. Kamu harus bisa menyesuaikan kebutuhan atau informasi yang pengunjung inginkan.
Utamakan Pengalaman Pengunjung
Dan semuanya kembali lagi kepada pengalaman pengunjung, atau user experience. Kamu bisa melakukan banyak riset tentang bagaimana kebiasaan pengunjung website ketika mengunjungi sebuah website, apalagi landingpage.
Kira-kira informasi seperti apa yang mereka butuhkan pertama kali dan tampilan seperti apa yang bisa membuat mereka nyaman dan akhirnya membeli produk yang kamu pasarkan.
Nah, sekarang kamu sudah banyak tau kan tentang Apa Itu Landingpge, Pengertian Manfaat Dan Kenapa Harus Responsive! Kalau kamu tertarik untuk membuat Landingpage yang menarik pengujung dan calon pembeli yang kamu targetkan, kamu bisa langsung menghubungi team ITbro untuk mendapatkan pelayanan jasa pembuatan landingpage terbaik!